Kali ini saya akan mengulas trik agar cat kalter dan silinder tahan lama, maru kita simak bersama :
Tak cukup hanya memainkan pewarnaan pada tangki dan bodi, pada blok mesin motor oleh para airbrusher juga kerap dibalut cat untuk menyesuaikan dengan tema modifikasi yang diterapkannya saat itu. Tapi perlu diingat bahwa untuk mengecat blok mesin yang bersuhu panas, tidaklah mudah. Terlebih lagi, mesin injeksi atau mesin yang memakai bahan blok silinder diasil, yang mudah panas dan juga mudah dingin.
- Bersihkan dulu permukaan blok silinder atau lalter atau crank case yang akan dicat. Caranya macam tergantung permukaan bagian yang dicat. Misalkan, permukaan model kulit jeruk bisa pakai sikat besi. Sedangkan kalau permukaan, masih ada bekas cat bawaan pabrik cukup bikin kesat pakai waterproof #400.
- Lanjutkan dengan memberi lapisan epoxy untuk menutup pori dan memastikan tak ada lagi kandungan minyak.
- Setelah dipastikan kering luar dalam, tambahkan dengan menyemprot pakai ACR dan oplos dengan thiner A-Special dengan perbandingan 1 ACR : 2 thiner. DEngan pemakaian dasaran ACR, diyakini mampu menahan panas. Jadi dijadikan sebagai dasaran cat setelah epoxy.
- Setelah itu, silahkan masuk ke proses pewarnaan. Cat dan thiner pakai saja perbandingan 1 cat : 2 thiner.
- Sebagai finishing, lapisi dengan pernis bakar dan hardener kemudian tunggu sampai kering. Pengaplikasian ini juga bisa untuk meningkatkan daya kilapnya.
Sekian dari saya mengenai trik agar cat kalter dan silinder tahan lama. Tetap kunjungi situs ini setiap harinya untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia otomotif. Semoga bermanfaat, amin.
Salam
Motorizer

Gan maaf mau nanyaa...beli ACR nya dimna yaa
ReplyDeleteGan maaf mau nanyaa...beli ACR nya dimna yaa
ReplyDeleteBisa tolong kasih penampakan ACR itu kalengnya kaya apa gan? :)
ReplyDeleteBisa tolong kasih penampakan ACR itu kalengnya kaya apa gan? :)
ReplyDeleteYg punya blok kemana nih. Penasaran juga ngecat blok silinder yg supaya awet
ReplyDeleteYg punya blok kemana nih. Penasaran juga ngecat blok silinder yg supaya awet
ReplyDelete